Saturday, March 30, 2013

Karimunjawa


Sekilas Karimunjawa
Karimun Jawa adalah pulau-pulau kecil sejumlah 27 buah yang tersebar di sebelah utara Kabupaten Jepara. Secara administratif,kepulauan ini adalah salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Keindahan dan masih bersihnya Karimunjawa memang memikat. Karimunjawa, kerap dijadikan barometer majunya pariwisata di Kabupaten Jepara. Destinasi yang ditonjolkan ialah keindahan lautnya, keunikan biotanya, dan tentu saja kegiatan bahari yang khusus seperti snorkeling dan scuba diving. Para pelancong bisa menikmati pulau yang bersih, dan taman laut yang indah dengan berkeliling di pulau-pulau di sekitar Pulau utama, Karimunjawa. Selain keindahan taman laut, di karimunjawa ada penangkaran hiu, serta penyu sisik (Eretmochelys imbricata) dan penyu hijau (Chelonia mydas). Aneka bintang laut pun bisa ditemukan dengan mudah disini.

Menuju Karimunjawa
Untuk menuju Karimunjawa, cara yang ditempuh ada 2 yakni, lewat laut atau udara. Jika lewat laut, turis bisa melalui Kota Jepara via Pelabuhan Kartini di Bulu, naik KMP Muria dengan waktu tempuh sekitar 6 jam perjalanan. Sementara itu, jika melalui Semarang, kapal yang digunakan adalah KMP Kartini yang memakan waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Untuk yang memiliki dana lebih, bisa mencoba maniki pesawat dari Bandara Achmad Yani, Semarang menuju Bandara Dewadaru yang terletak di Pulau Kemujan. Perjalanannya sendiri cuma memakan waktu 35 menit, melayang sambil menikmati kecantikan wajah Karimunjawa dari atas.

Berkeliling Karimunjawa
Karimunjawa tidak memiliki sarana angkutan umum yang memadai. Untungnya, kebanyakan wisma dan penginapan berada tidak jauh dari pelabuhan utama Karimunjawa yang terhubung dengan Semarang atau Jepara. Jarak antara pelabuhan dan wisma-wisma tersebut cukup mudah dicapai dengan berjalan kaki. Apabila ingin berkeliling pulau, turis bisa menyewa sepeda motor atau mobil untuk perjalanan grup. Total jarak tempuh jalur utama Pelabuhan Karimunjawa - Pelabuhan Legon Bajak adalah sejauh 22 KM dengan melewati hutan bakau cukup luas di tengah-tengahnya. Minimnya hunian di antara kedua titik terjauh tersebut menjadikan persewaan kendaraan layak untuk dilakukan.

Penginapan
Sebagian besar penginapan dan wisma terletak di Kota Karimunjawa yang terletak tidak jauh dari pelabuhan utama Karimunjawa. Di luar dari area ini, tidak ada lagi penginapan yang dapat dipilih untuk sarana menginap para turis. Satu-satunya penginapan yang terletak di luar jalur tersebut adalah Kura-Kura Resort yang terletak di Pulau Menyawakan dan hanya bisa dicapai dengan mudah via pesawat terbang.

Makan
Karimunjawa belum tersentuh oleh franchise restaurant terkenal, sehingga makanannya masih ala kadarnya dan bernuansa laut. Hidangannya tergolong murah dan enak. Sejumlah rumah makan yang terletak di seputar kota sangat umum melayani kebutuhan makan para turis. Apabila mengikuti tur kunjungan ke sejumlah pulau, makan ikan bakar yang ditangkap langsung bisa menjadi pilihan. Jangan lupa untuk membawa nasi dan bumbu dari pulau utama. Harga bervariasi namun cenderung murah, mulai dari Rp 10.000.


Cuaca
Secara umum, Karimunjawa beriklim tropis. Pulau banyak menerima hujan karena memang dikelilingi oleh laut. Walaupun memiliki gunung dan banyak bukit, suhu umum Karimunjawa cukup tinggi. Sengatan matahari pada siang hari cukup terasa menyengat. Gunakan sunblock dan topi untuk menahan sengatan matahari. Pada bulan November - Februari, musim angin barat sedang berlangsung dan ini membuat kondisi ombak di perairan sekitar Karimunjawa bisa setinggi 4 meter. Hal ini tentu berbahaya untuk pelayaran sehingga tidak jarang, penyebrangan terhenti. Penumpang harus menunggu hingga laut aman untuk dilalui lagi.


Uang
Karimunjawa belum memiliki ATM dan bank yang besar. Usahakan untuk mempersiapkan uang tunai agak banyak sebelum masuk ke pulau ini.

Oleh-Oleh
Oleh-oleh yang tersedia kebanyakan berupa kaus, dan benda karya seni dari hewan laut yang dibentuk menjadi pajangan rumah tangga. Belum ada makanan khas atau oleh-oleh khas di pulau ini.


Aktifitas
Rute paling umum bagi turis ialah : rute one day trip menuju Tanjung Gelam - Cemara Besar - Cemara Kecil - Menjangan Kecil - Menjangan Besar. Snorkeling dan berenang bisa dilakukan di Tanjung Gelam, dan Pulau Cemara Besar maupun Cemara Kecil. Sementara itu, Menjangan Kecil cocok untuk menyelam karena kedalaman lautnya.  Penangkaran Hiu terletak di Menjangan Besar.
Aktifitas lainnya yang bisa dilakukan ialah aktifitas non-laut seperti trekking. Walaupun tidak lazim, namun Karimunjawa memiliki gunung dan bukit, serta hutan yang masih tergolong perawan. Hati-hati dengan Ular Edor (Calloselasma rhodostoma) yang konon sangat berbisa dan masih ditemukan di pulau ini ketika akan memasuki wilayah hutan. Sewa peralatan Snorkeling cukup murah, namun apabila ingin melakukan diving, mohon pertimbangkan anggaran dan uang yang anda bawa ke pulau ini. Prinsipnya sama, semakin ramai grup anda, semakin murahlah biaya per orangnya, walaupun sejumlah peralatan dasar seperti alat menyelam dan tabung gas digunakan sendiri.


Paket Wisata
Bingung mau menikmati Karimunjawa? Kenapa nggak menghubungi mobiLtraveL saja untuk arrange perjalanan anda? Dijamin seru dan berkesan!
Paket perjalanan 2d1n, harga Rp 950.000/orang (sekamar berdua, kamar AC)
Paket perjalanan 2d1n, harga Rp 880.000/orang (sekamar bertiga, kamar AC)
paket ini berisi :
Tiket Kartini (Semarang - Karimunjawa - Semarang) pp
Makan 4x
Alat snorkeling lengkap
Guide lokal
Tur pulau
Kapal tur
Tiket masuk objek wisata
Penangkaran Hiu
Underwater Camera
Transportasi selama di Pulau Karimunjawa


hubungi kami di 0818766311/ 226ecc25 untuk paket yang dimodifikasi dan harga terbaik!

Foto lokasi
di tepi Tanjung Gelam yang bersih

Perairan yang menggoda untuk diselami

Ayo berenang di Tanjung Gelam!

Perairan sekitar Cemara Kecil yang menggoda

Ikan mudah terlihat dari atas perahu seperti ini

pemandangan dari dek kapal

Penyu Hijau di lokasi penangkaran penyu (Chelonia mydas)

Bintang Laut Biru yang populer di perairan Indo-Pasifik (Linckia laevigata)

Mudah untuk melihat Penyu Hijau (Chelonia mydas) disini

0 comments:

Post a Comment