Wednesday, January 9, 2013

Sawarna


Sekilas Sawarna
Desa Sawarna adalah desa yang terletak di Pantai Selatan Bayah, Kabupaten Lebak, Propinsi Banten.
Seringkali orang bertanya, seperti apakah Sawarna itu? mudah-mudahan postingan ini bisa membantu menjelaskan lebih baik.
Bukan tanpa alasan orang berkunjung ke Desa Sawarna. Bukan tanpa alasan pula orang rela menghabiskan waktu 6-8 jam perjalanan demi mencapai desa yang terletak di selatan Kabupaten Lebak dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Ya, Sawarna sesuai dengan namanya adalah tempat dimana semua warna menjadi satu kesatuan. Indahnya tempat ini luar biasa, destinasinya pun luar biasa komplit, mulai dari air terjun semu akibat hempasan ombak di karang-karang raksasa, goa alam yang memikat, pantai yang bersih, ombak yang seru untuk surfing, hingga kelapa muda yang menggoyang lidah.
Wisata Desa Sawarna sebaiknya memang jangan sebentar. Selain jarak tempuh yang jauh, lebih seru apabila menikmati Desa Sawarna beberapa hari sambil berkumpul bersama teman-teman dekat. Hiking menjelajahi alamnya sangat menyenangkan. Pelayanan masyarakat setempat, walaupun sederhana, namun kualitasnya luar biasa. Menyenangkan berada disini.
Perjalanan menuju Desa Sawarna sebaiknya dimulai pada hari jumat, seusai jam pulang kerja.
Jam 21.00, perjalanan sudah dimulai, dengan durasi sekitar 6 jam untuk tiba di Desa Sawarna di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten.
Sabtu adalah hari dimana teman-teman akan sepuasnya menikmati keindahan alam desa ini. Seusai makan siang yang menyenangkan pada hari minggu, rombongan siap bertolak kembali menuju Jakarta.
Yuk, jelajah Desa Sawarna dan nikmati keindahan alam, serunya petualangan, dan keramahan penduduk setempat.

Menuju Sawarna
Berjarak sekitar 170KM, Sawarna bisa ditempuh melalui dua jalur:
1. Jakarta - Balaraja - Rangkasbitung - Gunung Kencana - Malingping - Bayah - Sawarna (sekitar 6 jam perjalanan, rute sebagian besar kebun karet dan kebun sawit, jalan cenderung sempit dan di beberapa ruas Gunung Kencana banyak rusak. Antara Malingping dan Bayah, melewati jalan lurus, mulus dan tepi pantai)
2. Jakarta - Ciawi - Cibadak - Cikembang - Palabuhan Ratu - Sawarna (sekitar 8 jam perjalanan, rute jalur wisata antara Jakarta - Palabuhan Ratu, namun hutan dan kebun karet di sisa perjalanan. Jalanan lebih baik dan ukuran lebih lebar, namun banyak menanjak. Macet sering terjadi di Cicurug hingga Cijeruk, Sukabumi)

Berkeliling Sawarna
Asyiknya, Sawarna tidak susah dijelajahi dengan kaki. Semua objek wisatanya ada dalam jangkauan jarak langkah kaki. Tidak tersedianya jalan raya besar dan kendaraan umum tidak menjadikan faktor pengurang untuk menjelajahi Sawarna. Untuk menjelajah Sawarna, kita akan melewati pemukiman penduduk, pematang sawah, bukit, pantai, hingga wilayah pesisir yang eksotis dengan batu-batuan alami.

Penginapan
Sawarna tidak tersentuh oleh jaringan hotel internasional. Asyiknya, homestay milik warga asli tumbuh dan berlindung dalam paguyuban sesama pengelola wisma dan penginapan di Sawarna. Harga sewanya pun nggak terlalu beda jauh. Penginapan-penginapan ini sangat rumahan, bernuansa desa, ramah, dikelola langsung oleh pemilik, serta memiliki view yang luar biasa.

Makan
Nggak perlu pusing soal makan di Sawarna. Paket penginapan kami sudah mencakup makan. Nggak bakalan kelaperan lah selama berada di Desa Sawarna. Percaya atau tidak, makanan tradisional ala Sawarna yang bernuansa desa sungguh lezat. Coba dech sayur asem dan ayam gorengnya. Nyusmak! 

Cuaca
Iklim di Sawarna adalah pantai. Jadi, nggak ada tempat yang dingin di wilayah ini. Walau demikian, area homestay rata-rata sejuk karena berdekatan dengan bukit dan sawah. Sunblock dan pakaian pantai yang ringan, mudah kering dan gaya tentu dibutuhkan disini. Jangan lupa bawa kamera, topi dan kacamata hitam buat melengkapi gaya buat yang mau maksimal. hehehe. Kalau mau aman, boleh bawa lotion anti nyamuk dan anti serangga, walau umumnya Sawarna itu nggak terkontaminasi nyamuk sich.

Uang
Sawarna adalah sebuah desa, jadi tidak ada ATM di tempat ini, apalagi mesin EDC tempat menggesek kartu kredit. Usahakan bawa uang tunai secukupnya dan jangan terlalu banyak karena tidak banyak komoditas oleh oleh yang bisa dibeli, selain hampir segala sesuatu di tempat ini masih cukup murah. ATM terdekat terletak di pusat Kecamatan Bayah, sekitar 6-7 KM dari Sawarna ke arah Malingping.

Oleh-Oleh
Penduduk setempat belum mengkaryakan diri untuk membuat makanan khas desa ini. Kerajinana setempat yang bisa dibawa pulang umumnya berupa kaos atau kerajinan kulit hewan laut, itu pun dalam jumlah yang tidak banyak. 

Aktifitas
Tour kami ke Sawarna umumnya selama 2 hari 3 malam saja dengan format pergi jumat malam, tiba sabtu subuh, kemudian pulang minggu siang, dan tiba di Jakarta minggu malam. Walau demikian, kami nggak menutup kemungkinan untuk menjajaki format kunjungan bentuk lain maupun jumlah hari berkurang atau bertambah. Silahkan diajukan.

Paket Wisata
Paket turnya itu sendiri sudah mencakup transport dari Jakarta - Sawarna - Jakarta, penginapan untuk dua malam (1,5 malam ya jadinya. hihi...), makan 5x, air mineral di perjalanan dan di Sawarna, guide, dan tiket masuk semua objek wisata. dapat kelapa muda gratis pula. Untuk kamar, karena situasinya adalah homestay, maka satu kamar bisa diisi hingga 4-5 orang. Jangan kuatir, para pengunjung Sawarna rata-rata asyik-asyik koq. Semuanya orang-orang yang memiliki jiwa petualangan dan mencari sesuatu yang unik dan menarik. Kalau nggak doyan jalan-jalan dan tukang menggerutu, mungkin di awal saja sudah ngomel akan 6-8 jam perjalanannya itu kali yah... hehehe.
Paket wisata yang umum yakni :
Paket Perjalanan 2d3n (pergi jumat malam, pulang minggu malam) seharga :
Rp 500.000 (minimal 8 peserta saja)
Rp 450.000 (minimal 15 peserta saja)

paket berisi :
- Transport Jakarta - Sawarna PP sesuai kapasitas penumpang
- guide lokal
- Homestay Desa Sawarna, 1 kamar 4-5 peserta, tanpa AC (tapi sejuk)
- makan 5x
- tiket masuk semua objek wisata
- kelapa muda

hubungi kami di 0818766311/ 226ecc25 untuk paket yang dimodifikasi dan harga terbaik!

Foto Lokasi :
Nah, yang ultimate adalah : apa saja sih yang dilakukan di Sawarna? yuk kita lihat gambar - gambar berikut :
Lokasi Sawarna dari Jakarta

Mejeng dulu sebelum mulai perjalanan
Jembatan Kayu yang memisahkan Sawarna dari dunia luar. Seru dan menegangkan!
Perjalanan pun dimulai, melintasi sawah-sawah
Siapa yang nggak kepengen berfoto di tempat seperti ini?
Masuk Goa Lalay, foto diantara Stalagtit wajib dilakukan :D
Menyusuri jalan di dalam Goa Lalay
Pose lagi sebelum keluar
Goa Lalay masih dihuni oleh kelelawar. Jangan takut, mereka sopan-sopan koq :">
Mendaki bukit sebelum mencapai Lagoon Pari
Di Tepi Pantai Lagoon Pari yang eksotis
Kalau beruntung, ada usaha pengolahan gula aren yang bisa disimak
Menuju Karang Taraje
Hempasan ombak yang begitu kuat menjadikan karang raksasa di pinggir Karang Taraje sebagai air terjun dadakan
Menyusuri jalan tepi pantai sambil hiking
Menuju Tanjung Layar sambil menyusuri tepi pantai
Tanjung Layar yang unik dan menarik dari kejauhan
Ombak Dashyat di sekitar Tanjung Layar
Tanjung Layar yang megah
Banyak hewan unik yang jarang kita lihat sehari-hari. Salah satunya ini, Bintang Ular
Pantai Ciantir yang mulus
Ombak Ciantir yang dashyat, namun favorit bagi para peselancar

Menjadi habitat aneka satwa
Keceriaan di Pantai Ciantir
Nggak rekomen untuk berenang di Ciantir, tetap jagalah keselamatan anda dan keluarga
Buah Kelapa Muda disana memang maknyosss
Suasana kamar yang pastinya seru kalau beramai-ramai
Sampai di kamar pun tetap foto-foto narsis
Berjalan meninggalkan Sawarna
Pulo Manuk yang di ujung Sawarna. Silahkan mampir untuk berfoto-foto
Nah, sudah nggak bingung soal Desa Sawarna khan? yuk, like page ini dan dapatkan info menarik seputar destinasi liburan menarik. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi :

0818766311 atau 226ecc25


0 comments:

Post a Comment